Pengenalan Struktur Data

Mahir Koding – Struktur data adalah sebuah proses bagaimana menyimpan, menyusun, dan mengurutkan data dalam memory agar dapat dipergunakan secara efisien. Struktur data bisa juga berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data,baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) ataupun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna. Sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan database, misalnya untuk keperluan data keuangan, atau untuk pengolah kata (word processor) yang kolomnya berubah secara dinamis.

Pengenalan Struktur Data

Berbicara tentang data struktur, kita akan mengenal lebih dalam lagi mengenai proses yang terjadi pada data dan bagaimana mengimplementasikannya agar lebih efektif saat digunakan. Konsep dari tutorial struktur data sederhana bisa dianalogikan seperti konsep array, kita mempunyai beberapa blok blok memory yang mana seluruh data akan saling berkaitan satu sama lain.

Pada dasarnya, struktur data ada 2 jenis :

  • Struktur data sederhana misalnya array dan record.
  • Struktur data majemuk yang terdiri dari :
    • Linier, misalnya: Stack, Queue, dan Linier Linked List.
    • Nonlinier, misalnya Binary Tree, Binary Search Tree, Graph, Tries, dll.

Dalam postingan-postingan berikutnya, kita akan mempelajari lebih dalam tentang struktur data majemuk dan contohnya.

Jika ada pertanyaan yang kurang jelas silahkan berkomentar di bawah. Atau, jika ingin request tutorial juga dapat ke halaman ini. Dukung terus Mahir Koding agar dapat selalu mengupdate artikel dengan share dan like artikel ini. Terima Kasih.


Notice: Undefined offset: 0 in /var/www/mahirkoding/wp-content/themes/portus-premium-theme/includes/single/about-author.php on line 25