Mengenal Java Server Pages (JSP)

Mahir Koding – JSP adalah sebuah bahasa pemrograman berbasis Java yang diperuntukkan untuk membuat sebuah website. JSP sangat sesuai dan tangguh untuk menangani kebutuhan akan sebuah website. Sama seperti PHP, bahasa yang satu ini dikhususkan untuk berkutat di bagian backend.

Artinya, bagian static yang berupa tag-tag HTML akan terpisah dari kode JSP. Kita dapat membuat halaman web static dengan html dan css seperti biasanya, kemudian akan disisipi dengan JSP untuk membuat halaman web menjadi dinamis.

Ada beberapa alasan penting yang membuat JSP cukup terkenal dalam pengembangan aplikasi web :
Yang pertama, JSP menggunakan bahasa Java. Bagi sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Java pasti tidak akan kesulitan saat mempelajari ataupun menggunakan bahasa yang satu ini.
Yang kedua, JSP mendukung multiplatform sama seperti Java. Dalam hal ini, JSP memungkinkan kode dapat dipindah-pindahkan ke berbagai platform tanpa perlu melakukan perubahan apapun.

jsp

Dan yang ketiga, JSP cenderung memiliki perfomansi yang lebih baik, karena dalam JSP, dilakukan proses compile terlebih dahulu menjadi servlet. Servlet adalah class Java yang siap dijalankan oleh web server.


Notice: Undefined offset: 0 in /var/www/mahirkoding/wp-content/themes/portus-premium-theme/includes/single/about-author.php on line 25

Similar articles