Tutorial JSP : Lifecycle

Mahir Koding – Kali ini, kami akan membahas tentang alur bagaimana JSP dijalankan dari awal hingga prosesnya selesai. Ada 4 tahap utama yang terjadi saat JSP akan dijalankan, yaitu Compilation,Initialization, Execution, dan Cleanup.

Pertama, Compilation. Ketika browser mengirimkan request, engine JSP akan melakukan pengecekan apakah diperlukan proses kompilasi atau tidak. Jika file yang akan diload ternyata belum pernah dicompile atau sudah pernah dimodifikasi sejak compile terakhir, maka file tersebut akan melewati proses compile terlebih dahulu. Proses compile terbagi atas 3 step, yang pertama adalah parsing JSP code, translate JSP ke servlet dan yang terakhir adalah proses compile servlet.

Yang kedua, Initialization. Dalam tahap ini, JSP akan memanggil method jspInit() sebelum memproses request yang masuk. Method ini akan jalan sekali saja di awal dan biasanya dipergunakan untuk menginisialisasi koneksi database, open file, dan lainnya. Method jspInit() ini bisa di-override juga dibutuhkan.

public void jspInit(){
   // code here
}

jsp

Yang ketiga, Execution adalah tahap dimana JSP bekerja dan berinteraksi dengan request. Saat terjadi request, JSP akan menjalankan method _jspService() untuk membalas setiap request yang masuk.

void _jspService(HttpServletRequest request, HttpServletResponse response) {
   // code here
}

Dan yang terakhir, Cleanup. Tahap ini bekerja layaknya destructor pada C++ atau beberapa bahasa pemrograman lain. Method jspDestroy() akan dijalankan dalam tahap ini dan dapat dioverride jika dibutuhkan, misalnya saat ingin menutup koneksi database atau open files.

public void jspDestroy() {
   // code here
}

Notice: Undefined offset: 0 in /var/www/mahirkoding/wp-content/themes/portus-premium-theme/includes/single/about-author.php on line 25