Cara Trial Google Cloud Gratis

Mahir Koding – Siapa yang tidak kenal dengan Google Cloud, salah satu product dari si mbah ini memang sangat powerfull dan sangat bermanfaat bagi kita para developer dan penikmat perkembangan teknologi. Saat ini, Google sendiri telah mempunyai berbagai product-product yang sangat sering kita gunakan mulai dari Gmail, Youtube, Blogger, Drive, Google API, dan lain sebagainya. Sebagai tambahan, google membangun Google Cloud sebagai salah satu solusi bagi kamu yang ingin membangun layanan berskala global dan tentunya membutuhkan resourse yang tinggi.

Dengan Google Cloud, layanan yang kita bangun bisa “dihosting” di servernya si Google. Fitur-fitur dalam Google Cloud sangatlah banyak dan tentunya bagus-bagus semua. Berikut adalah beberapa fitur yang ada di Google Cloud Platform saat artikel ini dibuat.

Yang pertama, Google App Engine, merupakan sebuah Paas (Platform as a Service) yang menawarkan layanan cloud computing secara gratis. App Engine merupakan platform yang memungkinkan pengembang untuk membuat dan menjalankan aplikasi-aplikasi web dengan fasilitas hosting di server Google. Google App Engine mendukung beberapa bahasa pemrograman seperti GO, Python dan Java. Jujur saya pun belum mengutak-ngatik bagian ini karena terlihat sangat abstrak haha.

Yang kedua, Google Cloud Storage. Sesuai namanya, fitur yang satu ini digunakan untuk penyimpanan layanan file sharing. Google Cloud Storage adalah layanan penyimpanan data dari Google untuk para developer yang membutuhkan media penyimpanan yang besar. Kerennya, google tidak membatasi ukuran total file yang bisa disimpan alias unlimited.

Yang ketiga, Google Compute Engine, mirip dengan produk yang pertama diatas. Jika Google App Engine hanya menawarkan beberapa bahasa saja, bagaimana jika kita ingin mendevelop apps dengan bahasa lain, PHP misalnya? Nah, disini kamu bisa membuat instance sendiri, seakan-akan kita memiliki VPS. Dengan layanan Google Compute Engine, kita bisa mengcustom sendiri Operating System yang akan digunakan, jika memilih vendor Linux, maka kita bisa menginstall packet-packet yang dibutuhkan agar layak digunakan sebagai hosting :D. Jika memilih OS Windows, kita bisa mempergunakannya layaknya PC secara normal dengan bantuan RDP.

Yang keempat, Google BigQuery. Untuk fitur yang satu ini, akan lebih cocok digunakan oleh kamu para penggiat Big Data. Google BigQuery memungkinkan kita untuk mengolah dan menganalisis data yang sangat banyak hingga mencapai Terabyte bahkan lebih.

Jika ingin mencoba fitur-fitur tersebut, Google sendiri menyediakan fasilitas trial yang dapat kamu nikmati. Trial diberikan dalam bentuk credit sebesar 300$ yang akan expired dalam 1 tahun. Lumayan banget buat kamu yang ingin belajar dan riset seputar Google Cloud Platform. Hal terpenting sebelum kamu mendapatkan trial dari Google Cloud adalah kamu wajib memiliki kartu kredit. Wait, mempunyai kartu kredit bukanlah hal yang mudah apalagi buat kita para anak kos *eh.

Sebagai solusinya, cobalah untuk mengurus VCN di bank BNI atau Octopay di bank CIMB Niaga. VCN BNI dan Octopay CIMB Niaga memungkinkan kita untuk menggenerate kartu kredit secara virtual. Saldo yang ada dalam VCN berasal dari tabungan pribadi. Untuk itu, pastikan kamu mengurus rekening bank terlebih dahulu di salah satu bank yang saya sebutkan diatas. Selanjutnya, mintalah pada Customer Service untuk mengaktifkan fitur VCN jika kamu membuka rekening BNI, atau mengaktifkan fitur Octopay jika kamu mendaftar di CIMB Niaga. Apakah bisa menggunakan rekening yang lama? Tentu saja bisa. Sejauh ini, saya hanya mengatahui kedua bank tersebut saja yang mempunyai fitur virtual credit card begitu.

Buka halaman https://cloud.google.com lalu pilih Try It Free.

 

Selanjutnya, login terlebih dahulu dengan email gmail.

Berikutnya kita akan diarahkan untuk mengisi country dan menyetujui ketentuan yang berlaku.

Lalu, isikan lagi data-data diri berikut seperti nama dan alamat dengan benar.

Yang terakhir, isikan juga Virtual Credit Number yang telah digenerate. Kebetulan saya mencobanya dengan VCN dari BNI.

Selesai. Jika sudah, klik tombol Start my free trial dan selamat bersenang-senang!

Jika ada pertanyaan yang kurang jelas silahkan berkomentar di bawah. Atau, jika ingin request tutorial juga dapat ke halaman ini. Dukung terus Mahir Koding agar dapat selalu mengupdate artikel dengan share dan like artikel ini. Terima Kasih.


Notice: Undefined offset: 0 in /var/www/mahirkoding/wp-content/themes/portus-premium-theme/includes/single/about-author.php on line 25