Input Output dalam Bahasa JAVA

Mahir Koding – Mengenal operasi input dalam bahasa JAVA sangatlah penting karena kedua hal ini merupakan hal paling basic dan pasti akan digunakan jika kita membangun program dengan bahasa JAVA. Input dalam bahasa JAVA umumnya bisa dilakukan dengan bantuan class Scanner atau BufferReader. Cara kerjanya sama saja, kita akan membaca isi dari input buffer lalu memasukkannya ke dalam variabel. Untuk output, kita akan menggunakan syntax System.out.print. System adalah nama class, out adalah static variabel dari PrintStream dan print adalah method dari class System.

//import class Scanner dari java
import java.util.Scanner;

public class Main {
        //membuat object dari class Scanner
	Scanner in = new Scanner(System.in);
	static int umur = 0;
	static String nama = "";
	
	public Main(){
		umur = in.nextInt(); in.nextLine();
		nama = in.nextLine();
		System.out.println(this.nama);
		System.out.println(this.umur);
	}
	public static void main(String[] args) {
		new Main();
	}
}

Ada beberapa method lagi yang bisa kalian gunakan selain nextInt() dan nextLine() seperti nextFloat(), nextDouble(), nextByte(), nextShort(), dan lain sebagainya. Gunakan sesuai dengan keperluan dan tergantung tipe datanya masing-masing.

Lalu, jika kita lihat contoh diatas.. Kita ingin menerima input berupa angka ke variabel umur, mengapa kita harus menggunakan nextInt() dan nextLine() ? 

Jawabannya sangat simple, method nextInt() hanya akan menerima inputan berupa integer. Jika kita menginputnya dengan tombol “enter” yang berarti akan ada new line disana, maka karakter enter terakhir sudah pasti tidak akan ikut masuk ke variabel umur. Lalu, kemanakah karakter enter tersebut? Karakter enter tersebut akan masuk ke variabel nama dan mengakibatkan proses input nama akan dilewatkan atau di SKIP karena sudah ada value enter. (method nextLine() akan menerima input sampai karakter enter — \n).

Jika ada pertanyaan yang kurang jelas silahkan berkomentar di bawah. Atau, jika ingin request tutorial juga dapat ke halaman ini. Dukung terus Mahir Koding agar dapat selalu mengupdate artikel dengan share dan like artikel ini. Terima Kasih.


Notice: Undefined offset: 0 in /var/www/mahirkoding/wp-content/themes/portus-premium-theme/includes/single/about-author.php on line 25

Similar articles