Tipe Variabel dalam Bahasa Java

Mahir Koding – Variable adalah lokasi atau tempat di memori yang digunakan untuk menyimpan informasi atau data dari sebuah program untuk selanjutnya dapat diproses. Ketika kita membuat sebuah variable, berarti kita memerintahkan sebuah memori untuk menyediakan alokasi space atau ruang bagi variable. Ruang atau space yang dialokasikan tergantung dari tipe data dari variable tersebut. Dalam bahasa Java, terdapat 3 jenis variabel yang dapat dikategorikan berdasarkan jangkauan ruang lingkupnya. Ruang lingkup yang dimaksud disini merujuk ke lokasi dimana variabel masing dapat digunakan atau tidak.

Lokal Variabel

Variabel yang dideklarasikan dalam sebuah lingkup kecil (lokal) seperti method/constructor/blocks. Berarti, setiap variabel yang dideklarasikan dalam method disebut lokal variabel. Variabel lokal mempunyai ruang lingkup yang kecil juga. Karena dideklarasikan di sebuah method, maka variabel tersebut juga hanya bisa diakses dalam sebuah method juga.

public class Main {
	public Main(){
		int umur = 21;
		String nama = "Budi";
		System.out.println(nama);
		System.out.println(umur);
	}
	public static void main(String[] args) {
		new Main();
	}
}

Instance Variabel

Variabel yang dideklarasikan dalam sebuah class namun diluar method. JAVA adalah bahasa pemrograman berbasis object, setiap kita menulis kode program java, secara tidak langsung kita sudah membuat class. Pendeklarasikan variabel langsung di dalam class tanpa dibungkus method sering disebut dengan instance variabel. Instance variabel juga dapat kita beri access modifiernya masing-masing. (Penjelasan tentang access modifier akan menyusul saat materi OOP)

public class Main {
	int umur = 21;
	String nama = "Budi";
	public Main(){
		System.out.println(nama);
		System.out.println(umur);
	}
	public static void main(String[] args) {
		new Main();
	}
}

Static Variabel

Variabel yang direklarasikan dengan keyword static, biasanya digunakan untuk mendeklarasikan “sesuatu” yang bersifat live, yang artinya variabel ini dapat diakses langsung tanpa membuat object dari class terlebih dahulu. Juga, static variabel akan membuat sebuah “dunia” sendiri dan akan dipakai bersama-sama dengan object lain yang terbentuk. Penjelasan lebih lengkap akan dijelaskan ketika kita sudah memasuki materi class dan object.

public class Main {
	static int umur = 21;
	static String nama = "Budi";
	public Main(){
		System.out.println(this.nama);
		System.out.println(this.umur);
		umur++;
	}
	public static void main(String[] args) {
		Main a = new Main();
		Main b = new Main();
		System.out.println("==============");
		//seharusnya umur = 22, namun malah 23. Kenapa?
		//karena ketika kita membuat object a, variabel umur akan membentuk dunia sendiri
		//yang akan dipakai bersama-sama dengan object lain
		System.out.println(umur);
	}
}

Catatan : Keyword this digunakan untuk menunjuk langsung ke variabel dari sebuah class. Misalnya ada variabel lokal dengan nama “umur”, dan ada variabel instance “umur” juga, maka kita dapat menggunakan keyword this untuk menggunakan variabel yang di luar (variabel instance)

Jika ada pertanyaan yang kurang jelas silahkan berkomentar di bawah. Atau, jika ingin request tutorial juga dapat ke halaman ini. Dukung terus Mahir Koding agar dapat selalu mengupdate artikel dengan share dan like artikel ini. Terima Kasih.


Notice: Undefined offset: 0 in /var/www/mahirkoding/wp-content/themes/portus-premium-theme/includes/single/about-author.php on line 25