Belajar Eloquent Dasar Laravel

Mahir Koding –¬†Eloquent adalah ORM (Object Relational Mapping) yang sangat powerfull dan flexible dalam laravel. Eloquent laravel dapat membantu memetakan sebuah object dengan database. Ia juga menjadi “jembatan” antara objek yang didefinisikan dalam source code dengan database, bagaimana objek itu disimpan, diambil, dihapus dan sebagainya.

Sebelumnya pastikan kita sudah mengkonfigurasi database, membuat tabel dengan migration dan juga membuat model. Disini saya mempunyai sebuah tabel “siswa” dengan column “id, nama, umur, alamat, dan no_hp” ditambah column default timestamps dari laravel (created_at dan updated_at) sebagai pencatat waktu.

Create

Create adalah sebuah proses bagaimana kita menyimpan sebuah data ke database.

$data=new \App\Siswa();
$data->nama='Mahir Koding';
$data->umur='24';
$data->alamat='Jln. Web Nomor 23';
$data->no_hp='08117601454';
$data->save();

screenshot-from-2016-09-13-16-40-45

Read

Read adalah sebuah proses untuk mengambil dan menampilkan data dari database. Setelah melakukan proses insert, tentu kita juga harus melihat hasil inputan yang telah diinsert ke database, untuk itu kita akan melakukan READ.

Contoh penggunaan read :

$data=\App\Siswa::all();

foreach ($data as $siswa){
echo "Nama : ".$siswa->nama." Umur : ".$siswa->umur." Alamat : ".$siswa->alamat." No. HP : ".$siswa->no_hp;
echo "<br>";
}

Update

Seperti namanya, update berarti melakukan perubahan data ke database. Yang perlu dilakukan adalah pelakukan pancarian terhadap primary key lalu mengeset value yang baru. Contoh :

$data=\App\Siswa::find(2);
$data->nama='Nama Baru';
$data->umur=10;
$data->alamat='Jln. Alamat Baru';
$data->no_hp='08080808';
$data->save();

Angka 2 diatas menandakan value dari primary key. Tabel siswa yang saya buat memiliki column “id” sebagai primary key. Primary key dari tabel siswa telah diatur ke dalam model Siswa pada baris :¬†protected $primaryKey=”id”; Code diatas akan melakukan pencarian ke data yang memiliki id 2 lalu mengganti value nama, umur, alamat, dan no_hp ke value baru yang telah diset sebelumnya.

Delete

Delete merupakan sebuah proses untuk menghapus data dari database. Caranya tidak terlalu berbeda dengan UPDATE. Sama-sama melakukan pencarian primary key lalu melakukan delete. Contoh :

$data=\App\Siswa::find(1);
$data->delete();

Notice: Undefined offset: 0 in /var/www/mahirkoding/wp-content/themes/portus-premium-theme/includes/single/about-author.php on line 25