Apa itu OOP?

Mahir Koding – Bagi kamu yang sedang belajar pemrograman, pastinya pernah mendengar istilah OOP bukan? 3 huruf ini sering sekali disebut-sebut di forum belajar. Sebenarnya, apasih OOP itu? Dan mengapa bisa “terkenal”?

OOP dalam bahasa Inggris mempunyai kepanjangan Object Oriented Programming yang mana jika ditranslasikan ke dalam bahasa “rakyat” berarti Pemrograman Berorientasi Obyek. Apa itu OOP? OOP merupakan sebuah teknik atau paradigma pemrograman dalam membuat suatu program berdasarkan suatu obyek. Sebenarnya, OOP hanyalah sebuah konsep yang dapat diterapkan ketika kamu membuat program. OOP menjadi salah satu opsi yang bagus untuk menggantikan pemrograman prosedural yang katanya sudah ketinggalan zaman.

Lalu, ide dasar dari pemrograman berbasis obyek (OOP) ini adalah “Object”. Maka akan muncul lagi pertanyaan baru. Object.

Mengapa harus object? Sebenarnya, teknik OOP ini menuntun kita agar melihat sebuah kasus program dari sudut pandang yang berbeda. Misalnya saya ingin membuat sebuah program Minimarket. Nah, dari kasus minimarket kita akan membuat beberapa bagian atau divisi yang meliputi transaksi, pergudangan, dan bahkan sumber dayanya.

Dari sini, kita bisa memecah program Minimarket kita tersebut ke dalam beberapa obyek seperti obyek produk, kasir, transaksi, vendor/distributor, dan lain sebagainya. Analogi kasus diatas bisa kita implementasikan dalam konsep pemrograman yang berbasis pada obyek. Nantinya, setiap obyek-obyek tersebut akan digabungkan sehingga dapat berhubungan satu sama lain sebagai satu kesatuan program minimarket.

Ada beberapa alasan mengapa harus menerapkan konsep OOP dalam membangun sebuah sistem. Namun yang menjadi alasan paling kuat adalah OOP mempermudah dalam maintenance dan pengembangan sebuah sistem. Kenapa bisa? Jawabannya sangat simple. Karena setiap masalah dipecah dalam object, maka kamu hanya tinggal memodifikasi bagian yang ingin diubah ketika proses development. Struktur kodingan yang kita buat juga akan lebih reuseable dan pastinya juga lebih rapi (readable).

Jika ada pertanyaan yang kurang jelas silahkan berkomentar di bawah. Atau, jika ingin request tutorial juga dapat ke halamanĀ ini. Dukung terus Mahir Koding agar dapat selalu mengupdate artikel dengan share dan like artikel ini. Terima Kasih.


Notice: Undefined offset: 0 in /var/www/mahirkoding/wp-content/themes/portus-premium-theme/includes/single/about-author.php on line 25

Similar articles