AngularJS : Pengenalan

Mahir Koding – AngularJS adalah salah satu framework javascript buatan Google yang cukup terkenal yang banyak digunakan saat ini untuk menangani proses di bagian front end. AngularJS memungkinkan kita untuk membangun web apps yang interaktif dengan konsep arsitektur MVC (Model View Controller) dan MVVM (Model View – ViewModel).

Hingga saat tutorial ini ditulis, Angular telah keluar dalam 3 versi utama. Versi pertama dikenal dengan AngularJS. Sedangkan versi kedua lebih dikenal dengan sebutan Angular saja dan versi yang satu ini sudah tergolong jenis Typescript ( https://en.wikipedia.org/wiki/TypeScript ). Yang ketiga, baru baru ini google juga telah merilis Angular versi 4.0.

Dalam pembahasan tutorial ini, saya akan menggunakan AngularJS (v1). Dengan AngularJS, kita bisa membuat SPA (Single Page Applications) lebih efisien serta masih banyak kelebihan lain yang bisa dilakukan dengan AngularJS.

Ada beberapa alasan mengapa kita harus mempelajari framework yang satu ini.

  1. AngularJS adalah framework yang sangat efisien dan powerfull untuk membangun SPA (Single Page Application).
  2. AngularJS bersifat open source, gratis untuk digunakan.
  3. Framework yang satu ini sangat banyak penggunanya, serta mempunyai komunitas yang besar.
  4. AngularJS menyediakan beberapa module yang mempersingkat serta mempermudah dalam penggunaan fitur.
  5. Framework ini memungkinkan kita untuk membangun app dengan konsep MVC sehingga source code yang dihasilkan bisa lebih rapi, bersih dan maintanceable.
  6. Dan masih banyak lagi fitur kerennya yang bisa kamu cobain satu per satu.

Instalasi AngularJS

Akses homepage AngularJS lalu pilih download.

AngularJS dapat dengan cara mendownloadnya via official web AngularJS dan mengeloadnya seperti biasa atau langsung menggunakan link CDN.

<script type="text/javascript" src="js/angular.min.js"></script>
<script type="text/javascript" src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/angularjs/1.6.4/angular.min.js"></script>

Jika ada pertanyaan yang kurang jelas silahkan berkomentar di bawah. Atau, jika ingin request tutorial juga dapat ke halaman ini. Dukung terus Mahir Koding agar dapat selalu mengupdate artikel dengan share dan like artikel ini. Terima Kasih.


Notice: Undefined offset: 0 in /var/www/mahirkoding/wp-content/themes/portus-premium-theme/includes/single/about-author.php on line 25

Similar articles