Mengenal Access Modifier pada Bahasa JAVA

Mahir Koding – Access Modifier adalah sebuah “hak akses” yang diberikan kepada sebuah variabel/method/class dengan tujuan untuk menjaga integritas dari data tersebut ketika ingin diakses object lain. Hak akses sendiri diberikan oleh pembuat program sebagai salah satu bentuk implementasi dari OOP itu sendiri. Dengan adanya Access Modifier, kita dapat membatasi resource-resource mana saja yang dapat diakses oleh object tertentu, turunannya, ataupun oleh method tertentu.

Di bahasa JAVA sendiri ada 4 jenis access modifier yang dapat digunakan :

1.Public

Access modifier public mempunyai hak akses paling luas dibanding yang lainnya. Karena aksesnya sangat luas, maka access modifier ini biasanya digunakan untuk method setter getter sesuai konsep OOP.

public class Hewan {
	private int jumlahKaki;
	private String namaHewan;
	public int getJumlahKaki() {
		return jumlahKaki;
	}
	public void setJumlahKaki(int jumlahKaki) {
		this.jumlahKaki = jumlahKaki;
	}
	public String getNamaHewan() {
		return namaHewan;
	}
	public void setNamaHewan(String namaHewan) {
		this.namaHewan = namaHewan;
	}
}

2. Protected

Access modifier protected biasanya digunakan untuk mewariskan variabel yang ada di super class terhadap child class.

public class User{
	protected String nama;
	protected String jabatan;
}

3. No Access Modifier

Sesuai namanya, hak akses yang satu ini tidak perlu dituliskan di method/variabelnya. Dengan hak akses ini, variabel/method dapat diakses dari class lain asalkan masih dalam satu package yang sama.

public class Kendaraan {
	int jumlahRoda;
	String warna;
}

4. Private

Access modifier private bersifat tertutup. Sesuai dengan konsep OOP Encapsulation, maka setiap variabel wajib untuk dilindungi hak aksesnya secara langsung dari luar. Oleh karena itu, variabel diberikan hak akses private dan untuk melakukan pengaksesan/perubahan data digunakan setter getter.

public class Hewan {
	private int jumlahKaki;
	private String namaHewan;
}

Jika ada pertanyaan yang kurang jelas silahkan berkomentar di bawah. Atau, jika ingin request tutorial juga dapat ke halaman ini. Dukung terus Mahir Koding agar dapat selalu mengupdate artikel dengan share dan like artikel ini. Terima Kasih.


Notice: Undefined offset: 0 in /var/www/mahirkoding/wp-content/themes/portus-premium-theme/includes/single/about-author.php on line 25