Javascript – Array Function pada ES6

Mahir Koding – Pada artikel ini, kita akan membahas fitur baru di ES6 yaitu array helper function. Ada beberapa function yang sering digunakan untuk melakukan operasi pada array di javascript. Diantaranya yang akan kita bahas : forEach, map, filter, find, every, some dan reduce.

forEach()

Sesuai namanya, fungsi yang satu ini digunakan untuk melakukan iterasi atau looping pada sebuah array. Setiap elemen akan diakses satu per satu secara berurutan.

map()

Fungsi map cara kerjanya mirip dengan forEach. Dia akan mengiterasikan setiap elemen dalam sebuah array. Bedanya, fungsi map() akan mengembalikan sebuah nilai dan dapat dimasukkan ke dalam variable array yang baru.

filter()

Method filter, digunakan untuk membantu kita melakukan filtering terhadap sebuah data. Untuk cara kerja dari method filter() ini sebenarnya mirip dengan map(). Kedua fungsi ini sama-sama melakukan return, bedanya adalah method filter() akan mereturn nilai boolean dalam setiap iterasinya. Setiap return yang bernilai true akan direturn pada result array.

find()

find digunakan untuk mempermudah kita mencari sebuah data dalam suatu array. Method find berbeda dengan filter. Fungsi filter akan melakukan penyaringan terhadap array dan mengembalikan nilai berupa list of data (array). Sedangkan find, hanya akan mencari 1 data saja sesuai dengan kriteria yang diberikan. Jika terdapat dua atau lebih data yang memenuhi kriteria, maka data yang pertamalah yang akan di return.

every() dan some()

Method every() dan some() memiliki fungsi yang mirip. Keduanya sama-sama bertugas untuk menentukan apakah data dalam sebuah array memenuhi kriteria tertentu. Method every() hanya akan mereturn nilai true jika semua datanya sesuai kriteria sedangkan some() akan mereturn nilai true ketika salah satu data sudah memenuhi kriteria.

Sekian tutorial Javascript РArray Function pada ES6. Semoga bermanfaat.