Instalasi Framework Laravel 5.2

Mahir Koding – Instalasi framework laravel perlu dilakukan sebelum kamu mulai mempelajari ataupun menggunakan framework yang satu ini. Sebenarnya, ada beberapa langkah untuk dapat menginstall laravel 5.2 hingga dapat digunakan dengan baik. Namun, dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan cara menginstall laravel yang menurut kami paling mudah dipahami bagi kamu yang baru belajar dengan dunia pemrograman web. Sebelum memulai langkah ini, pastikan dahulu web server yang kita gunakan sudah memenuhi minimum requirements dari laravel itu sendiri.

  • PHP >= 5.5.9
  • OpenSSL PHP Extension
  • PDO PHP Extension
  • Mbstring PHP Extension
  • Tokenizer PHP Extension

Atau jika kamu menggunakan XAMPP versi terbaru, kamu cukup memastikan bahwa ekstensi OpenSSL dan PDO sudah aktif. Caranya dengan melakukan pengecekan terhadap file c:\xampp\php\php.ini atau bisa juga dengan menjalankan phpinfo(). Download XAMPP disini.

ss1

Selanjutnya, download dan install juga composer sebagai PHP package manager yang akan membantu proses instalasi dan development laravel. Download Composer disini.

ss2 ss3 ss4

Buka Command Prompt dan arahkan active directory ke folder htdocs.

cd xampp/htdocs

ss5

Install laravel 5.2 dengan perintah dibawah lalu tunggu hingga selesai.

composer create-project laravel/laravel laravel --prefer-dist 5.2.*
// laravel/laravel adalah nama packet
// laravel adalah nama folder
// --prefer-dist 5.2.* artinya kita akan menginstall versi 5.2

Selesai. Jalankan http://localhost/laravel/public di browser untuk melihat hasilnya.

Mahir Koding-2016-06-05-03-45-24


Notice: Undefined offset: 0 in /var/www/mahirkoding/wp-content/themes/portus-premium-theme/includes/single/about-author.php on line 25